Selasa, 13 November 2012

Sistem Blok ada Clinical Exposure


                 “Clinical exposure atau early exposure adalah salah satu metode pembelajaran dimana mahasiswa dikenalkan pada kondisi klinik sesuai blok dan materi yang sedang dijalankan. Bukan hanya keperawatan UNSOED saja yang menggunakan metode ini, tetapi beberapa Universitas lainnya seperti UI, UNDIP, atau UGM juga sudah menerapkan metode early exposure, hanya saja cara pelaksanaannya berbeda,” demikian yang di jelaskan oleh salah satu dosen di jurusan keperawatan UNSOED, Luthfatul Latifah.
                  Clinical exposure sendiri dilakukan sejak tahun 2010 atau pada saat mulai berjalannya sistem blok, karena di dalam sistem blok sudah terdapat kurikulum APNI. 
Dalam early exposure mahasiswa keperawatan diupayakan agar mereka bisa merefleksikan teori yang telah didapat dan mengenal lebih dini tentang klinik.


                  Kegiatan early exposure ini biasanya dilakukan di Ajibarang dan Purbalingga, dikarenakan kuota  Rumah Sakit masih sedikit. Clinical exposure dilakukan selama dua sampai tiga minggu, dengan sebagian jadwal melakukan praktik keperawatan langsung di klinik dan sebagian lainnya melakukan presentasi di kampus.dikarenakan kuota Rumah Sakit masih sedikit. Clinical exposure dilakukan selama dua sampai tiga minggu, dengan sebagian jadwal melakukan praktik keperawatan langsung di klinik dan sebagian lainnya melakukan presentasi di kampus.
              “Perbandingan pembimbing Rumah Sakit dengan mahasiswanya adalah satu banding 2 sampai 3 mahasiswa dalam satu harinya.  Dalam satu hari biasanya disediakan 5 sampai 6 ruang untuk observasi-observasi” tambah Bu Luth. Menurut beliau, hambatan dalam kegiatan clinical exposure ini adalah mapping Rumah Sakit atau kuota dalam suatu Rumah Sakit.
                Bu Rahmi selaku penanggung jawab dalam kegiatan clinical exposure keperawatan UNSOED berharap agar mahasiswa mampu menginternalisasikan manfaat pembelajaran yang telah diterima di kelas (Yusuf, Siti, Chandra, Mirza, Saesar, Raras).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar